Pengertian ISP

Saturday, June 23rd 2012. | Artikel Komputer
Pengertian ISP – ISP kependekan dari Internet Service Provider merupakan suatu organisasi atau sebuah perusahaan yang memberikan jasa hubungan keinternet bagi masyarakat, biasanya hanya di sebut provider saja atau ada istilah lain yaitu IAP (internet access provider).

Pada awalnya perusahaan ISP menyediakan sambungan ke internet melalui jalur telepon. Contohnya adalah telkomnet instant dari PT. Telkom. Seiring perkembangan teknologi, saat ini ISP dalam menyediakan sambungan ke internet  tidak hanya menggunakan sarana kabel telepon, tapi juga secara wireless (tanpa kabel) dan fiber optik, fiber optik bisa memberikan kualitas koneksi lebih baik dibandingkan dengan kabel telepon.
Untuk saat ini layanan ISP yang paling banyak digunakan adalah yang menggunakan teknologi wireless, karena teknologi ini yang paling murah harga perangkat maupun biaya berlangganan dan paling mudah dalam pemasangan dan penggunaannya. Contoh dari ISP dengan layanan wireless adalah kita bisa menggunakan modem GSM atau CDMA sebagai perangkat untuk bisa terhubung ke internet dengan di hubungkan dengan komputer atau laptop melalui konektor USB. Kemudian kita menggunakan SIM Card atau kartu perdana GSM atau CDMA untuk berlangganan internet ke Internet Servise Provider, dalam hal ini operator seluler bertindak sebagai ISP.
Tps memilih ISP dengan teknologi wireless.
Dalam memilih ISP atau internet service provider dan untuk selanjutnya kita sebut saja operator seluler, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Pilih operator seluler yang sekiranya ditempat tinggal anda sinyalnya cukup baik, baik GSM maupun CDMA. Pilih yang harga berlangganannya murah, biasanya operator seluler mengadakan promo dengan memberikan paket internet murah, manfaatkan momen itu. Mungkin itu saja tips memilih operator seluler untuk berlangganan internet.
Mudah mudahan penjelasan pengertian ISP ini bisa membantu dan bermanfaat.
Share Button
tags: , , ,

Related For Pengertian ISP